Tips Sukses Kerja Bagian Marketing

Kerja Bagian Marketing, Posisi Perusahaan Paling Penting

Pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah marketing. Di dalam sebuah perusahaan, marketing memegang peran yang penting. Marketing mempunyai fungsi untuk memperoleh, mendapatkan hingga memperbanyak konsumen. Sehingga, kerja bagian marketing dianggap sebagai posisi yang strategis. Seperti yang kita ketahui, banyak tidaknya konsumen perusahaan akan mempengaruhi besar pemasukan, jika pemasukan semakin besar, perusahaan akan menjadi semakin berkembang.

Tips Sukses Bekerja di Bagian Marketing

Jika sekarang ini Anda bekerja di posisi marketing, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar sukses menggeluti profesi ini, antara lain:

1.Kuasai produk

Salah satu cara untuk meyakinkan klien ialah memberi informasi yang transparan dan lengkap mengenai produk yang Anda promosikan. Di sini, dengan mengetahui berbagai macam informasi mengenai produk yang Anda tawarkan, secara tak langsung akan membantu meyakinkan calon konsumen.

Selalu beri informasi sejelas mungkin mengenai produk tersebut mulai dari fungsi, kualitas produk hingga kelebihan produk dibandingkan dengan produk sejenis tanpa menjelekkan produk lain. Tujuannya, agar calon konsumen yakin memilih jasa atau produk yang Anda tawarkan.

2.Buat target konsumen

Tentukan segmen pasar Anda. Contohnya, Anda menjual produk kecantikan untuk membuat wajah menjadi lebih putih, berarti targetkan produk tersebut untuk wanita berusia 17 hingga 45 tahun. Setelah itu, ramu pemasaran yang cocok dilakukan untuk target tersebut.

3.Buat strategi

Agar semakin banyak orang yang tahu mengenai produk Anda, buat sebuah kegiatan yang menarik seperti menawarkan bonus, atau memberi potongan harga yang masih wajar. Lakukan kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai peserta.

4.Perluas jaringan bisnis

Mempunyai jaringan bisnis yang luas akan memudahkan kita memasarkan produk. Ada berbagai macam manfaat yang bisa diperoleh dengan jaringan bisnis yang Anda punya. Seperti jaringan bisnis tersebut menjadi konsumen tetap kita atau melakukan kerjasama penjualan produk yang lainnya. Sehingga, tak perlu ragu membuka sebuah jaringan baru dalam bisnis.

5.Perhatikan respons yang diberikan konsumen

Kadang, pelanggan akan memberi respons yang berbeda pada produk yang kita promosikan. Bila pelanggan merasa membutuhkan produk tersebut dan produk tersebut menjadi jawaban dari kebutuhan mereka, mereka pasti akan langsung melakukan pembelian. Anda bisa mencatat seperti apa respons yang mereka berikan, untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi agar mencapai hasil yang lebih baik.

5 Manfaat Kerja Keras dalam Bisnis Agar Meraih Kesuksesan

Menjadi seorang marketing memang mempunyai hambatan dan tantangan yang besar dan tak semua orang dapat bertahan berada di posisi ini. Di kejar oleh target perusahaan setiap bulan, hingga mengalami penolakan setelah mengetuk pintu pelanggan. Kerja bagian marketing harus optimis dan pantang menyerah ketika mencari konsumen. Sehingga, konsumen akan menjadi lebih yakin memilih produk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *