Tips Memilih Produk Investasi untuk Bekal Masa Pensiun

Ilustrasi Dimulai sejak dini

Siapkan Produk Investasi untuk Pensiun dari Sekarang

Ketika masih produktif, biasanya kaum millennial lebih suka jalan-jalan bersama teman, berfoya-foya, membeli pakaian tanpa memikirkan kehidupan di masa mendatang. Sebenarnya, menikmati masa muda tidak ada salahnya, namun bukan berarti Anda tidak memikirkan investasi atau investment untuk masa pensiun.

Anda harus ingat jika ada hari tua yang menunggu. Jika tidak memiliki persiapan keuangan yang matang dari sekarang, hari tua akan menjadi sengsara, padahal masa tua adalah momen Anda memerlukan ketenangan, terutama masalah finansial. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menyiapkan tabungan di masa tua.

Pilihan Cara Menyiapkan Tabungan Hari Tua

Berikut beberapa bidang yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, antara lain:

  1. Bidang properti 
    Sudah menjadi rahasia umum jika properti adalah pilihan investment jangka panjang yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Bahkan, produk ini bisa Anda jadikan sebagai sumber penghasilan saat masih muda. Apartemen, ruko atau rumah yang dimiliki bisa disewakan pada orang lain, Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk membiayai keperluan lain. Namun, properti tidak bisa diuangkan dengan cepat, sehingga jika Anda membutuhkan uang yang bersifat mendadak, properti tidak dapat membantu karena proses penjualannya membutuhkan waktu yang lama.

  2. Emas 
    Emas juga layak untuk Anda lirik karena tahan terhadap inflasi. Sehingga, saat kondisi perekonomian naik, harga emas juga akan naik. Bayangkan jika Anda memiliki emas yang banyak, Anda bisa memperoleh keuntungan yang besar jika emas yang dimiliki dijual. Lebih-lebih proses penjualan emas ini sangat mudah. Sehingga, selagi masih muda, Anda bisa mengumpulkan emas sedikit demi sedikit, minimal 1 bulan 1 gram. Anda bisa menggunakan sistem tabung emas, sehingga jumlah emas yang dimiliki cukup untuk membiayai hari tua.

  3. Saham 
    Deviden yang didapatkan dari saham bisa menjadi jaminan yang tidak kalah gurihnya dari emas. Jumlah deviden yang diperoleh bisa mencapai 10 kali lipat dari modal yang sebelumnya ditanamkan. Agar hal tersebut bisa dicapai, Anda bisa mengalokasikan saham di prospek kerja yang baik seperti saham blue crip, perbankan, dan BUMN. Risiko investment ini memang besar, namun jika Anda memilih saham yang bagus, risiko ini bisa diminimalkan sekecil mungkin.

  4. Mencoba bisnis 
    Jika Anda memiliki kemampuan dalam dunia bisnis, Anda bisa mencoba mengalokasikan dana Anda untuk kebutuhan bisnis. Bisnis yang dikelola secara maksimal bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal untuk kesejahteraan di hari tua. Tetapi, membangun bisnis ini harus dimulai dari muda, sehingga saat memiliki kekurangan bisnis, Anda bisa memperbaikinya secepat mungkin.

  5. Tabungan biasa 
    Jika Anda gemar menyimpan uang dengan cara konvensional, lebih baik mulai membiasakan diri dengan menabung di bank. Mekanisme pencairan tabungan di bank sangat mudah, sehingga ketika Anda membutuhkan uang, Anda dapat mencairkannya dengan cepat di mesin ATM. Tak hanya itu, semakin besar tabungan, suku bunga yang akan Anda dapatkan juga semakin besar.

  6. Asuransi 
    Asuransi bukan hanya digunakan sebagai bentuk perlindungan, namun asuransi juga bisa digunakan sebagai produk investment sehingga bisa menjamin kehidupan Anda di masa tua nanti. Saat bertambah tua, jumlah penyakit akan bertambah dan muncul dengan sendirinya. Dalam keadaan ini, asuransi bisa dicairkan dengan nominal tertentu untuk membiayai pengobatan saat di rumah sakit. Anda bisa memilih jenis asuransi yang sesuai agar bisa mendapatkan manfaat secara maksimal.

Nah itu dia beberapa investasi yang bisa dilakukan untuk hari tua Anda kelak. Mulai dari bidang properti, emas, saham, bisnis, tabungan di bank, dan asuransi. Jika Anda memulainya dari sekarang, maka hari tua Anda akan lebih tenang tanpa harus memikirkan masalah finansial. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *