Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tertarik Mencoba Investasi? Ini Dia Tips Bagi Investor Pemula Sesuai Usia

Manfaat Melakukan Investasi

Investasi atau investment sekarang ini mungkin bukan menjadi hal yang asing di telinga banyak orang. Bahkan, sudah berubah menjadi gaya hidup. Banyak orang yang mulai sadar serta membuka pikirannya jika pengelolaan keuangan dengan benar dan baik merupakan hal yang penting. Lantas, apa saja manfaat kegiatan pengamanan keuangan ini? Kegiatan ini tentu saja dapat menolong keuangan saat kondisi finansial sedang memburuk, selain itu kegiatan ini dapat memberi keuntungan dalam jumlah yang cukup banyak di masa mendatang.

Memilih Instrumen sesuai dengan Usia

Beda usia, pasti kebutuhan yang harus dipenuhi juga berbeda. Contohnya, saat masih berusia 20 tahun, mungkin Anda belum terpikir untuk memiliki mobil, namun saat sudah memiliki keluarga atau anak kecil, pikiran tersebut pasti akan muncul. Sehingga, Anda harus bisa memilih mana instrument yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut pilihan produk yang sesuai dengan usia Anda, antara lain:

  • Usia 20-an tahun
    Usia ini masih begitu muda dan bisa dikatakan masih kuliah. Meskipun Anda sudah bekerja, gaji yang diperoleh biasanya akan digunakan untuk traveling dan belanja. Karakter keuangan anak muda biasanya belum dapat mengelola keuangan dengan stabil.

Jika Anda sudah terpikir untuk menabung di masa ini, hal tersebut adalah awalan yang sangat bagus. Anda bisa memilih instrument jangka panjang, seperti emas, properti, deposito dan valuta asing. Pilih produk yang sesuai dengan karakter Anda. Besaran uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan ini sebesar 50% dari pendapatan Anda.

  • Usia 30-an
    Di usia ini, ada mereka yang sudah berkeluarga, ada pula yang masih single. Pada usia 30, Anda sudah dapat mengelola keuangan dengan baik. jika Anda sudah berkeluarga, pasti ada kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi seperti cicilan mobil, rumah, hingga kebutuhan pokok rumah tangga yang lain. Sedangkan, bagi Anda yang masih single, di usia ini Anda pasti sibuk menyiapkan tabungan pernikahan.
Baca Juga :  5 Investasi Modal Kecil Ini Sangat Cocok Sekali untuk Anak Muda

Jika hanya menabung, kebutuhan untuk masa pensiun mungkin tidak akan cukup, jika ingin memulai investment, Anda bisa menetapkan tujuan dari awal. Setelah itu, pilih produk yang menguntungkan untuk jangka 10 tahun mendatang. Pilih produk yang sesuai dengan karakter, apakah Anda orang yang takut menanggung banyak kerugian, atau berani mengambil keputusan. Instrument yang bisa Anda ambil seperti reksadana, unitlink, emas, properti hingga saham.

  • Usia 50-an tahun
    Semakin bertambahnya usia, pengeluaran pasti juga akan mengikuti. Jika di usia 30 hingga 40 tahun Anda hanya memikirkan kebutuhan rumah tangga dan anak, di usia 50 tahun, Anda akan mulai memikirkan kebahagiaan cucu. Di usia ini, kebijakan mengelola keuangan akan lebih baik. Selain itu, keuangan Anda akan lebih stabil karena tidak ada lagi cicilan rumah, hingga cicilan mobil. Bila ingin melakukan investment, Anda bisa memilih deposito, reksadana, dan valuta asing. Lebih baik pilih produk-produk yang memiliki risiko rendah.

Mengatur Gaya Hidup agar Bisa Mulai Menabung

Siapa yang tak ingin memiliki kondisi keuangan makmur di masa tua? Agar keinginan ini dapat Anda rasakan, Anda harus berkorban di usia muda. Atur gaya hidup Anda menjadi lebih baik. Pastikan membuat sejumlah anggaran bulanan. Sehingga, saat gajian tiba, uang bisa langsung dialirkan sesuai dengan anggaran yang telah Anda buat. Selain itu prioritaskan kebutuhan yang penting, Anda harus ingat jika investasi merupakan kebutuhan, bukan keinginan yang bisa dikesampingkan.

Ciri Investasi Emas Bodong yang Harus Anda Waspadai!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *