Reksa Dana Pasar Uang, Rekomendasi Instrumen Investasi untuk Kebutuhan di Masa Depan

Reksa Dana Pasar Uang, Rekomendasi
Sumber gambar freepik.com

Reksa dana pasar uang merupakan pilihan investasi yang diminati banyak orang karena praktis dengan risiko relatif kecil. Anda tidak perlu pusing mengelola dana investasi karena saat ini ada prioritas banking seperti DBS yang bisa mempermudah aktivitas berinvestasi.

Tak heran jika jenis investasi satu ini diandalkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam jangka pendek dan menengah terutama oleh mereka yang masih awam dalam hal investasi. Simak cara investasi reksadana pasar uang melalui penjelasan di bawah.

Mengenal Reksa Dana Pasar Uang serta Kebihannya

Di pasaran ada banyak sekali jenis investasi yang ditawarkan yang mungkin membuat Anda bingung. Agar dapat meminimalisir rasa bingung, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tujuan investasi.

Sebagai contoh, Anda menabung karena dalam waktu tiga tahun lagi berencana akan menikah. Dengan mengetahui target waktu yang hendak dicapai, Anda dapat menentukan instrumen investasi yang tepat.

Jika Anda memiliki tujuan investasi dalam jangka menengah, salah satu rekomendasi produk investasi yang dapat Anda pilih adalah reksa dana pasar uang. Reksadana sendiri bisa dikatakan sebagai wadah untuk menghimpun dana investor yang akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Berikut ini keuntungan reksadana, diantaranya :

  1. Reksadana merupakan bentuk investasi yang cocok digunakan oleh pemula karena dalam pengelolaannya, Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi.
  2. Imbal hasil yang diberikan relatif tinggi dibanding bentuk investasi lainnya, seperti deposito.
  3. Cocok untuk mempersiapkan kebutuhan dalam jangka waktu menengah.
  4. Bisa dimulai dengan nominal kecil.

Jenis-jenis Reksadana yang Patut Anda Ketahui

  • Reksadana Saham

Reksadana saham adalah bentuk investasi yang alokasi minimal 80% dananya berbentuk saham. Tujuan reksadana saham sendiri adalah untuk menjaga pertumbuhan harga saham dalam jangka waktu panjang sehingga jenis reksadana satu ini memiliki risiko paling tinggi dengan return yang tinggi pula.

  • Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan bentuk investasi dimana instrumennya dalam bentuk surat pendapatan tetap, seperti obligasi, surat berharga dengan jangka waktu investasi menengah hingga jangka panjang. Reksadana pendapatan tetap bertujuan untuk menghasilkan tingkat return yang stabil.

  • Reksadana Campuran

Sesuai namanya, merupakan reksadana dengan kombinasi saham dan obligasi dalam satu portofolio. Reksadana campuran memiliki return tinggi disertai dengan risiko yang tinggi pula.

  • Reksadana Pasar Uang

Adalah bentuk investasi dengan instrumen investasi pasar uang seperti deposito berjangka, sertifikat Bank Indonesia atau SBI, sertifikat deposito, Surat Berharga Pasar Uang dan bentuk instrumen investasi pasar uang lainnya.

Reksadana Pasar Uang cocok bagi seseorang yang baru mencoba investasi karena memiliki risiko yang rendah dan biasanya mempunyai jangka kurang dari satu tahun.

Cara Investasi Reksadana

Dalam membeli reksadana dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi langsung lembaga sekuritas atau secara daring. Berikut ini cara investasi reksadana secara online :

  1. Cari tempat terpercaya yang menjual reksadana.
  2. Pilih sesuai keinginan nominal reksadana yang akan Anda beli.
  3. Isi data diri yang diminta. Unggah dokumen yang dibutuhkan.
  4. Lakukan transaksi setelah nasabah mendapatkan nomor identitas.
  5. Lakukan aktivasi akun, pilih produk yang ditawarkan oleh Manajer Investasi (MI). Lakukan proses pembayaran.

Investasi Reksadana Aman melalui DBS Treasures

Jika Anda tengah mencari tempat berinvestasi reksadana pasar uang, Anda bisa memilih DBS Treasures.

Tersedia produk Reksadana dengan berbagai keunggulan yang diberikan.

Berikut manfaat berinvestasi Reksadana melalui DBS Treasures:

  • Ditangani secara Profesional

Besar kecilnya return atau imbal balik yang akan Anda dapat saat melakukan investasi reksadana pasar uang sangat dipengaruhi oleh kepiawaian Manajer Investasi yang mengelolanya. Dengan melakukan investasi di Reksadana , investasi Anda akan dikelola oleh tenaga yang berpengalaman dan kompeten.

  • Dapat Menambah Wawasan Investasi Anda

Saat melakukan investasi di Reksadana, Anda tidak perlu khawatir karena akan dipandu oleh tenaga yang profesional sehingga dapat memperkaya wawasan Anda terkait investasi.

  • Risiko Investasi Berkurang karena Terdapat Diversifikasi Produk

Don’t put your eggs in one basket merupakan sebuah nasihat berguna saat melakukan investasi. Membeli lebih dari satu macam produk investasi akan menghindarkan Anda dari risiko penurunan harga instrumen investasi. Secara logika, jika Anda memiliki banyak produk investasi otomatis saat salah satu produk mengalami penurunan harga, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari produk investasi yang lain.

Kiat Disiplin Investasi Lewat UT Saving Plan

Agar mendapatkan hasil investasi yang optimal, diperlukan konsistensi dan disiplin tinggi. Produk UT Saving Plan dari DBS Treasure dapat menjadi solusi bagi Anda karena kelebihan yang dimilikinya, antara lain :

  • UT Saving Plan Memiliki Fleksibilitas yang Tinggi

Anda dapat menentukan banyaknya investasi serta waktu pendebitan sesuai dengan preferensi Anda.

  • Praktis

UT Saving Plan akan mendebit secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda tetap konsisten dan disiplin berinvestasi.

  • Pilihan Produk Beragam

Tersedia produk reksa dana mulai dari pasar uang hingga saham, baik dalam mata uang rupiah ataupun dollar AS.

Dalam memenuhi kebutuhan hidup di masa depan dibutuhkan persiapan yang matang. Memilih reksa dana pasar uang sebagai produk investasi adalah keputusan yang tepat karena instrumen ini cenderung minim risiko dengan imbal balik lebih besar dibanding deposito.

Referensi :

https://www.bareksa.com/berita/id/text/2018/07/23/tips-menabung-di-reksadana-agar-tujuan-investasi-dapat-tercapai/19835/news

https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/reksadana/ut-saving-plan

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/jenis-jenis-reksadana

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201110160028-83-568155/cara-investasi-reksadana-jenis-dan-cara-memulai

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *