Perhatikan, Inilah Persiapan Berhenti Kerja Jika Ingin Resign

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Persiapan Berhenti Kerja
Beberapa faktor bisa saja membuat seseorang memutuskan untuk berhenti bekerja. Mungkin karena memang sudah waktunya pensiun, bosan dan terbebani dengan pekerjaan, gaji yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi.

Jangan asal resign ya, ada beberapa persiapan berhenti kerja yang harus diperhatikan. Berikut di antaranya!

1.Tabungan

Ini adalah persiapan terpenting yang tidak bisa diabaikan ketika seseorang memutuskan resign. Entah setelah resign mau membuka usaha sendiri atau melamar kerja di tempat baru, peranan tabungan sama pentingnya.

Pisahkan tabungan yang sudah disiapkan tersebut dengan uang yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya, siapkan uang tabungan itu sekitar lima bulan sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja.

2.Mental Keluarga

Untuk yang sudah berkeluarga, maka keputusan untuk berhenti bekerja pasti akan lebih sulit, ya. Selain perlu mempersiapkan tabungan yang cukup untuk menghidupi masa-masa genting, mempersiapkan mental keluarga juga sama pentingnya.

Sebelum berhenti, jelaskan dulu alasan dan rencana-rencana setelahnya kepada keluarga. Pastikan juga mereka mau menerima penjelasan tersebut dengan tenang dan lapang dada.

Jangan lupa juga untuk memberi pengertian bahwa keadaan mungkin akan berubah untuk sementara waktu. Khususnya, dalam waktu-waktu dekat setelah resign, mungkin keadaan ekonomi akan berubah.

3.Mental Diri Sendiri

Setelah keluarga, atau untuk yang belum berkeluarga, mental diri sendiri adalah hal yang harus disiapkan sebelum memutuskan berhenti bekerja.

Semuanya akan kembali ke titik awal, yang mana akan banyak sekali hal yang dulu sudah dihadapi, kini akan dihadapi lagi. Anggaplah perjuangan untuk kembali mencari pekerjaan, atau merintis bisnis mulai dari awal lagi.

Mental yang sekuat baja dan pantang menyerah tentu dibutuhkan dalam hal ini. Jangan sampai goyah karena keputusan yang telah diambil sendiri, ya.

Persiapan mental ini juga harus dimantapkan untuk masa-masa ke depannya. Mungkin, akan ada banyak orang yang mempertanyakan keputusan kenapa sampai harus berhenti bekerja. Bahkan, tak jarang juga akan ada yang menggoyahkan niat, atau bahkan menggunjing di belakang.

Selain mental yang kuat, jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan atau gunjingan semacam itu pun harus dipersiapkan. Yang harus diyakinkan untuk diri sendiri adalah bahwa keputusan yang telah dibuat merupakan keputusan terbaik. Tak cukup di situ saja, keputusan tersebut juga seharusnya akan mengubah hidup menjadi lebih baik lagi.

Bersiap untuk menghadapi zona yang tidak lagi nyaman juga harus dimatangkan betul-betul sebelum memutuskan berhenti bekerja. Tidak ada zona nyaman berarti harus rela memulai segala sesuatunya dari awal, dan mendapatkan hasil yang belum tentu sesuai dengan harapan.

Inilah Persiapan Lamaran Kerja yang Tidak Boleh Ketinggalan

Nah, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan untuk persiapan berhenti kerja. Bagaimana, sudah bulat dengan tekad? Jika iya, tinggal mantapkan hati saja dan lakukan apa yang harus dilakukan!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *