Masih Mahasiswa, Namun Tertarik untuk Investasi? Ini Dia Pilihannya

Tak Ada Salahnya Investasi Sejak Dini

Masih muda, namun sudah memiliki keinginan untuk melakukan investasi? Mungkin ini belum populer di Indonesia, apalagi mereka yang masih mahasiswa. Mahasiswa memiliki kaitan erat dengan aktivitas yang sibuk, dan bermain bersama teman. Namun, tahu kah Anda? jika uang yang bisa digunakan untuk bersenang-senang bersama teman tersebut dapat dialihkan untuk tabungan masa depan?

Kebanyakan mahasiswa menganggap jika menabung dapat dilakukan di lain waktu, padahal jika dimulai dari dini, aktivitas ini justru akan membuat keuangan menjadi semakin stabil di masa mendatang, Anda pun menjadi terbiasa untuk mengelola keuangan dengan baik. Jika Anda masih berstatus sebagai mahasiswa, tak perlu cemas dengan modal awal untuk investment, karena ada beberapa instrumen yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan.

Pilihan Instrument dengan Modal yang Ringan

Bila Anda cemas dengan besarnya modal yang harus dikeluarkan untuk memulai kegiatan yang baik ini, berikut beberapa pilihan instrument yang memiliki modal ringan, antara lain:

Logam mulai
Instrument ini banyak diminati, apalagi mereka yang ingin fleksibel. Anda bisa mendapatkan logam mulia dengan berbagai macam ukuran, mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram. Sehingga, Anda bisa memulai dengan modal yang sangat kecil. Keuntungan lainnya, logam mulia adalah instrument dengan harga stabil dan mengalami peningkatan dari masa ke masa. Sehingga, pilihan ini sangat aman bagi pemula.

Tabungan berjangka
Piliham lain adalah tabungan berjangka. Jenis tabungan ini memiliki modal awal yang kecil, bahkan mulai dari Rp 200 ribuan, selain itu jenis tabungan ini juga mudah ditemukan, sudah banyak bank yang memiliki produk ini. Anda bisa mengatur tabungan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Valuta asing
 Bagi para pemula, valuta asing adalah jenis yang diminati karena memiliki sistem yang mudah serta modal yang ringan. Valuta asing juga menjanjikan dan memiliki potensi keuntungan yang cukup besar, namun keuntungan yang besar ini juga sebanding dengan risiko yang harus ditanggung. Jika Anda berani mengambil risiko, instrument ini sangat cocok bagi Anda.

Peer to Peer Lending (P2P)
 Instrument ini juga sedang diminati millennial, Anda bisa menjadikannya sebagai pilihan awal karena modal yang ringan. Dalam sistemnya, Anda bertindak sebagai pemodal ke sebuah usaha melalui sebuah platform. Dengan aktivitas tersebut, Anda bisa memperoleh keuntungan seperti bunga yang mencapai 20%. Bunga yang di dapatkan memang cukup besar, namun risiko yang dimiliki juga berbanding lurus. Saat tertarik mencoba P2P, hal yang harus diperhatikan adalah cermat dalam memilih perusahaan dan pahami seluruh kebijakan yang mereka miliki.

Reksadana
Reksadana merupakan sebuah investment kolektif, sehingga dana yang berasal dari para investor dikumpulkan dan dikelola secara profesional oleh MI atau Manager Investment. Anda tidak perlu cemas dengan keamanan instrument ini karena sudah diawasi oleh OJK. Produk ini bisa dikatakan cukup aman serta memberikan hasil yang tinggi. walaupun demikian, produk ini tak dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Produk ini mudah dipahami dan sangat memungkinkan bagi pemula untuk mudah memulainya. Bila Anda merupakan orang yang berani mengambil risiko, tak ada salahnya memilih reksadana sebagai produk pengaman keuangan. Dalam prakteknya, kegiatan ini dikelola Manajer Investasi sehingga, Anda sebagai pemilik dana tidak perlu mengelola dan memilih. Selain itu, produk ini bisa dimulai dengan dana yang sangat kecil.

Tertarik Mencoba Investasi? Ini Dia Tips Bagi Investor Pemula Sesuai Usia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *