Makna dan Pengertian Kerja Keras yang Wajib Dipahami

Pengertian Kerja Keras
Kerja keras merupakan suatu pekerjaan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh. Pekerjaan tersebut dilakukan tanpa mengenal lelah, atau berhenti sebelum mencapai target yang diinginkan. Bekerja keras juga selalu mengutamakan kepuasan hati pada setiap aktivitas yang dilakukan. Itulah makna yang dapat menggambarkan arti bekerja keras.

Secara istilah, kerja keras memiliki makna semangat yang berkobar, memiliki kemampuan dan kemauan besar. Semua akan dilakukan secara sungguh-sungguh untuk mencapai hasil maksimal. Adapun manfaat dari bekerja keras adalah sebagai berikut:

  1. Kita bisa membantu mengembangkan potensi diri
  2. Membentuk pribadi yang senantiasa selalu bertanggung jawab
  3. Dapat meningkatkan taraf hidup dan juga kesejahteraan
  4. Mampu mencukupi kebutuhan hidup
  5. Mampu mengangkat harga dan martabat hidup

Faktor yang Menentukan Penyelesaian Prioritas Suatu Pekerjaan

Ada beberapa faktor yang secara umum menjadi pertimbangan dalam menentukan prioritas penyelesaian pekerjaan. Adapun beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Importance

Importance atau kepentingan, adalah hal yang harus dipahami. Hal ini akan menentukan seberapa penting hasil dari kerja Anda dalam suatu organisasi.

2. Contribution

Contribution atau kontribusi, adalah seberapa besar usaha Anda dalam memengaruhi aktivitas dan kelancaran kerja yang lain.

3. Understanding

Understanding atau pemahaman, penting atas penyelesaian suatu pekerjaan. Jika suatu pekerjaan sudah dipahami dengan baik, maka akan mudah diselesaikan.

4. Ease

Ease atau kemudahan, adalah memprioritaskan pekerjaan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Dengan begitu, kita akan memiliki waktu yang lebih untuk pekerjaan kita yang lain.

Pentingnya Bekerja Secara Cerdas

Selain bekerja keras, kita pun wajib memahami apa itu kerja cerdas. Dengan kerja cerdas, kita akan mampu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mudah. Terkait hal ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut hal-hal tersebut:

  • Kerja cerdas mengharuskan setiap individu untuk berpikir ulang mengenai pekerjaan yang dilakukan.
  • Kerja cerdas harus mampu mengelola akal dan energi agar pekerjaan dikerjakan dengan cara yang benar.
  • Kerja cerdas mengharuskan individu berpikir ulang mengenai bagaimana seharusnya melakukan pekerjaan.
  • Kerja cerdas mengharuskan setiap individu merenungkan apa yang dilakukan sebelum melakukannya.
  • Kerja cerdas mengharuskan setiap individu senantiasa mempelajari hal-hal yang baru, lalu memanfaatkan ide-ide secara praktis.

Dari pemaparan di atas, kita dapat simpulkan bahwa selain bekerja keras, bekerja secara cerdas pun harus diutamakan.

Kesimpulan

Bekerja adalah suatu aktivitas agar manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap individu dapat meraih prestasi kerja, jika pekerjaannya ia lakukan secara sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Pekerjaan pun senantiasa harus dilakukan dengan penuh semangat agar mencapai hasil terbaik.

Inilah 5 Peluang Kerja dari Rumah Berpenghasilan Tinggi Bagi Kaum Millenial

Demikian ulasan tentang makna dan pentingnya kerja keras. Dari uraian di atas, kini sedikit banyaknya Anda paham apa itu arti bekerja keras. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *