Lakukan Persiapan Berhenti Kerja Ini Agar Lega Setelah Resign

Persiapan Berhenti Kerja, Seribet Apa?
Banyak hal yang membuat seseorang ingin berhenti dari pekerjaannya sekarang. Berbagai faktor itu kadang memaksa seseorang untuk berhenti bekerja, meski sejatinya terasa berat. Selain harus mempersiapkan diri dan mental setelah resign, sebelumnya ada juga hal-hal yang harus dipersiapkan.

Nah, agar lega dan tidak ada beban setelah resign nanti, lakukan langkah-langkah persiapan berhenti kerja berikut dengan baik!

1.Selesaikan Dulu Tugas Terakhir

Hal yang satu ini tentu tidak boleh diabaikan begitu saja jika ingin memberi kesan yang baik sebelum keluar. Selesaikanlah pekerjaan terakhir yang menjadi tanggung jawab sampai tuntas dan beres.

Jika jabatan atau pekerjaan yang diemban itu bersifat kontinu, maka pastikan untuk melatih karyawan pengganti dengan benar dan baik. Sehingga, karyawan yang akan menggantikan Anda sudah siap saat dilepas nanti.

Apalagi, jika Anda bukanlah karyawan kontrak, maka memastikan pengganti sudah siap adalah hal yang baik untuk menjaga relasi dengan rekan atau atasan kerja.

Relasi yang terjalin dengan baik ini tentu akan memberi manfaat tersendiri, yakni berupa surat pengalaman kerja yang baik untuk Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari pekerjaan selanjutnya.

2.Kembalikan Barang yang Dipinjam

Ini juga merupakan satu hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum resign dari suatu pekerjaan. Barang kali, selama bekerja Anda telah meminjam barang-barang milik kantor.

Mungkin saja dari barang yang cukup berharga seperti kamera, sampai inventaris yang tak terlihat seperti mouse. Sebaiknya, cek dan ingat-ingat lagi barang-barang yang telah dipinjam tersebut, dan kembalikan sebelum Anda resign.

Begitu juga urusan pinjam meminjam barang atau uang terhadap sesama rekan kerja, sebisa mungkin diselesaikan apalagi bila Anda berencana pergi jauh dari kota tempat Anda bekerja.

Hal ini penting untuk menjaga citra baik diri Anda sendiri. Jangan sampai, keteledoran ini membuat Anda menjadi bahan gunjingan setelah hengkang nanti.

3.Berpamitan Jauh-jauh Hari

Hal ini juga penting sekali untuk meninggalkan kesan yang baik sebelum resign. Hendaknya, berpamitanlah pada rekan-rekan kerja dan atasan satu Minggu sebelum Anda keluar dari pekerjaan.

Berpamitan ini penting untuk perusahaan supaya teringat lagi bahwa ada salah satu stafnya yang akan berhenti, dan bersiap mencari pengganti dan sebagainya. Bagi Anda, hal ini juga penting untuk menorehkan reputasi yang baik.

Apalagi, jika Anda dan rekan-rekan satu pekerjaan sudah terlanjur ada ‘ikatan batin’, maka acara perpisahan ini menjadi lebih penting lagi. Bagaimana mungkin bisa begitu saja pergi tanpa berpamitan? Sudah tentu hal tersebut tidaklah etis.

4.Menyiapkan Surat Pengunduran Diri

Ini juga menjadi salah satu bagian penting yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan berhenti bekerja. Surat pengunduran diri artinya cara berpamitan Anda secara formal, khususnya pada atasan.

Buatlah surat pengunduran diri dengan alasan yang logis dan baik supaya bisa diterima pihak perusahaan dengan lapang dada. Atau, mintalah di bagian HRD jika memang prosedur perusahaan yang berlaku demikian.

Perhatikan, Inilah Persiapan Berhenti Kerja Jika Ingin Resign

Nah, itu dia beberapa persiapan berhenti kerja yang harus diketahui. Sudah benar-benar siap berhenti?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *