Lakukan Langkah-langkah Ini Sebagai Persiapan untuk Melamar Kerja

Persiapan untuk Melamar Kerja yang Harus Diperhatikan
Untuk Anda yang ingin melamar pekerjaan, nyatanya memenuhi standar dan kriteria seperti yang dicari perusahaan saja belum cukup. Sebelum itu, ada langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai persiapan untuk melamar kerja.

Apa saja? Simak ulasan berikut sampai selesai!

1.Lakukan Riset Perusahaan

Sebelum mengirimkan lamaran ke suatu perusahaan tertentu, ada baiknya jika melakukan riset perusahaan terlebih dahulu.

Cari tahu apa saja yang ada di dalamnya, apa fokus perusahaan tersebut, bagaimana jenjang kariernya, cocokkah perusahaan dengan visi dan tujuan Anda, dan sebagainya.

Jika perlu, Anda bisa bertanya pada orang yang sudah bekerja di perusahaan tersebut, jika ada yang Anda kenal.

Dengan begini, Anda akan mengetahui profil calon tempat kerja dengan baik sebelum mengirim lamaran. Tentunya Anda tidak mau bekerja di sembarang tempat, bukan? Karena itu, riset menjadi perlu.

2.Kirimkan Lamaran dengan Lengkap

Setelah melakukan riset dan mantap untuk mengirimkan lamaran, maka buat dan kirimkan dokumen lamaran secara lengkap.

Secara lengkap di sini artinya, Anda harus membuat perusahaan tersebut tidak bisa menolak Anda dari segi administrasi. Mungkin semua orang bisa mengirimkan lamaran, tapi belum tentu semuanya bisa memenuhi standar kualifikasi lamaran yang bagus.

Sertakan surat pengalaman kerja, sertifikat-sertifikat penunjang, dan lengkapi seluruh persyaratan yang diminta. Cek kembali sebelum dikirimkan, adakah yang kurang atau tertinggal.

3.Pentingnya Personal Branding

Di era yang serba modern ini, penilaian perusahaan tak hanya dari kelengkapan syarat dokumen saja. Personal branding yang Anda bangun juga sama pentingnya.

Bangunlah personal branding sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda sebaik mungkin. Buat diri Anda seprofesional mungkin, sehingga begitulah Anda akan dikenal oleh orang-orang, serta diakui kemampuannya.

Sekarang ini banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk membangun personal branding terkait dengan pekerjaan, seperti LinkedIn. Dengan bergabung dan membuat diri Anda menonjol di dalamnya, maka Anda akan dicari perusahaan bahkan tanpa perlu mengirimkan lamaran. Menarik, bukan?

4.Bersikap Rendah Hati

CV yang panjang dan lengkap mungkin akan memberi nilai plus, tapi tidak selamanya begitu. Sebenarnya, orang yang dicari oleh perusahaan untuk bergabung adalah orang yang kompeten.

Memang, nilai akademik yang baik serta banyaknya sertifikat yang menunjang bisa jadi kelebihan tersendiri. Namun, itu juga akan menjatuhkan Anda jika ternyata skill atau kemampuan yang dimiliki tidak sepadan.

Jadi, jangan terlalu bangga dulu jika CV Anda telah penuh. Penuhi juga skill Anda dengan kemampuan yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

5.Gaji Itu Soal Nanti

Untuk yang baru pertama kali akan melamar pekerjaan, ada baiknya lebih dulu mengenyahkan perihal gaji.

Menuntut gaji tinggi dengan kemampuan yang belum terbukti justru akan membuat Anda berpeluang besar untuk tidak diterima.

Tak apa menerapkan prinsip memberi lebih dulu, baru menerima hak. Seiring berjalan waktu, kinerja Anda yang baik juga akan terlihat dan menunjang gaji tersebut.

Lakukan Persiapan Berhenti Kerja Ini Agar Lega Setelah Resign

Nah, itulah beberapa persiapan untuk melamar kerja yang harus diperhatikan. Sudah makin siap sekarang?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *