Inilah Persiapan Lamaran Kerja yang Tidak Boleh Ketinggalan

Persiapan Lamaran Kerja yang Harus Dilakukan
Di era ini, memperoleh pekerjaan semakin susah karena banyak sekali saingan. Bukan hanya di bidang tertentu saja, tapi hampir semua bidang pekerjaan mengalami hal yang sama. Karena itu, sebelum memutuskan melamar kerja, persiapan lamaran kerja harus lengkap dan valid.

Nah, ini dia beberapa persiapan dan persyaratan yang tidak boleh kelewatan saat melamar pekerjaan!

1.Surat Lamaran Kerja

Ini adalah persiapan nomor satu yang harus disiapkan. Surat lamaran kerja artinya permintaan pemohon secara terhormat pada perusahaan atau tempat kerja yang akan dituju.

Di sini, beberapa poin penting yang harus dituliskan adalah jabatan yang diinginkan, persyaratan yang sudah dipenuhi, dan permohonan supaya pihak HRD mempertimbangkan pengajuan lamaran tersebut.

Surat lamaran ini bisa ditulis tangan atau diketik, tergantung permintaan dari tempat kerja yang dituju.

2.Curriculum Vitae

Berikutnya adalah curriculum vitae atau biodata diri. Di sinilah pemohon kerja harus menuliskan identitas dirinya dengan lengkap.

Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat rumah, status, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya, prestasi, organisasi yang pernah diikuti, dan sebagainya.

Biodata diri ini akan memperkuat alasan supaya HRD menerima lamaran kerja yang diajukan. Tentu saja, harus ditulis berdasarkan fakta dan valid, ya.

3.Lampiran-lampiran penting

Nah, persiapan untuk melamar pekerjaan selanjutnya adalah lampiran-lampiran penting. Dalam sebuah informasi lowongan pekerjaan, pasti akan dicantumkan apa saja yang perlu dilampirkan dalam lamaran pemohon kerja.

Supaya peluang diterima semakin besar, penuhilah lampiran yang diminta tersebut. Biasanya tidak jauh-jauh dari fotokopi KTP, fotokopi ijazah legalisir, fotokopi KK, dan beberapa lembar pas foto berwarna sesuai permintaan.

4.Lampiran-lampiran Pendukung

Selain lampiran-lampiran penting di atas yang sifatnya wajib, ada juga beberapa lampiran pendukung yang tidak ada salahnya jika ikut dilampirkan.

Lampiran tersebut, seperti fotokopi surat pengalaman kerja sebelumnya. Maka dari itu, penting untuk meminta surat pengalaman kerja sebelum resign dari pekerjaan. Surat ini penting sebagai penunjang untuk melamar pekerjaan lainnya.

Fotokopi sertifikat juga tak ada salahnya dilampirkan. Biasanya, ini merupakan pekerjaan-pekerjaan berjenis profesi tertentu. Misalnya saja tenaga kesehatan, tenaga pengajar, dan tenaga profesional lainnya.

Dengan menunjukkan sertifikat yang dimiliki, artinya menunjukkan bahwa pemohon kerja memang berkompetensi dalam bidang yang digelutinya.

Kemudian, lampirkan pula sertifikat atau riwayat organisasi. Jika kedua lampiran pendukung di atas tidak dipunyai, maka lampiran pendukung yang satu ini juga penting.

Pihak perusahaan akan menghargai riwayat organisasi, karena itu menunjukkan bahwa pemohon kerja adalah orang yang bisa diajak bekerja secara tim. Itulah yang dibutuhkan perusahaan, sehingga lamaran pemohon bisa dijadikan pertimbangan.

Apa Kerja Telemarketing Sebenarnya?

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan lamaran kerja. Jangan sampai ada yang ketinggalan dan penuhi persyaratan tersebut dengan sempurna. Semoga berhasil!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *