Inidia Dampak bank emok bagi perekonomian masyarakat di desa

Seperti yang kita tahu bahwasaannya bank emok atau bank keliling atau biasa juga di sebut bank rentengan ini sudah menjadi tidak asing di berbagai wilayah. Seperti halnya rentenir hanya saja bank tersebut menggunakan metode perkumplan antar nasabah-nasabahnya

Gambar Ilustrasi

Seperti yang sering kita lihat juga dalam kegiatan masyarakat,  banyak sekali warga yang tidak mau pusing. dalam artian banyak pula masyarakat yang menginginkan cara mendapatkan duit dengan instan bahkan tidak diiringi dengan pemikiran dan berapa besar bunga yang di keluarkan dan berapa besar kita harus membayar.

Karena di desak dengan keaadaan ekonomi yang di bilang menengah kebawah banyak dari masyarakat golongan ini mengambil uang melalui bank tersebut, itu sudah menjadi tidak aneh bagi masarakat desa dan plosok yang sering melakukan praktek tersebut dan tidak memikirkan dampak dari hal tersebut.

BERIKUT DAMPAK YANG DI HASILKAN DARI PRAKTEK BANK EMOK

Unsur pemaksaan

Bank ini bersifat memaksa bagi nasabahnya yang tidak setor pada hari yang sudah di tentukan tersebut. Hal seperti ini mengakibatkan perekonomian warga yang berada di desa bahkan di plosok menjadi semakin menurun.

Kita sebagai nasabah akan di paksa mau tidak mau harus setor. Ini adalah salah satu sikap dari bank tersebut krena memang dari bank emok nya sendiri mengejar target perusahaan yang mereka tempati

Rusaknya perekonomian warga

Mengapa dengan perekonomian warga? Ya karna dengan datangnya bank emok tersebut dapat merusak siklus perekonomian yang sudah ada dalam suatu keluarga. Banyak juga dari wrga yang banting tulang kerja sana sini hanya untuk menyetor kepada petugas bank tersebut.

Mereka semua bekerja mati-matian bukan hanya untuk anaknya tetapi mereka juga bekerja hanya untuk memikirkan bagaimana setoran bank emok tersebut.

KAPITALIS

Sifat dari bank emok yaitu memaksa, di iringi dengan hal tersebut bank emok juga mempunyai system, apa system tersebut? Ya benar system tersebut yaitu kapitalis dengan menganut system kapitalis bank tersebut tidak memandang siapa dia dan siapa aku, hal tersebut sangat lah bersimpangan dengan system ekonomi yang kita anut yaitu perekonomian pancasila yang memandang perbedaan dan penghargaan. Dalam system bank ini ada tidak ada nasabah tapi yang penting uang setoran tetap masuk, toh kalau uang tidak masuk nasabah yang satu kelompok lah yang harus mengganti uang setoran nasabah yang tidak datang tersebut.

Dirumahaja Dulu , Belanja Sembako Pake Alfacart Sehari Dikirim Ke Rumah

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *