Banyak Diincar, Apa Kerja Supervisor?

Apa Kerja Supervisor Sebenarnya?
Dalam sebuah perusahaan, jabatan yang satu ini cukup banyak menjadi incaran. Supervisor sendiri merupakan peranan vital yang penting. Jabatan ini berada di bawah manajer dan di atas staf pelaksana. Anda pernah bertanya-tanya, apa kerja supervisor sehingga posisi ini digemari? Simak ulasan berikut sampai selesai!

Supervisor Mengemban Tanggung Jawab Besar
Seorang supervisor mempunyai tanggung jawab yang besar di dalam perusahaan. Dialah orang yang harus memastikan bahwa apa yang sedang dikerjakan para stafnya berjalan lancar dan aman.

Tak sampai di situ, supervisor juga merupakan orang yang harus bertanggung jawab untuk hasil kinerja para karyawannya. Jika ada yang tidak beres dengan hasil pekerjaan tersebut, maka supervisor lah yang pertama kali akan mendapat teguran atasan.

Sebaliknya, jika ada kebijakan yang membuat karyawan merasa berat, supervisor juga tempat pertama yang akan menjadi pengaduan karyawan.

Karena itu, supervisor juga bisa disebut sebagai perantara yang menjembatani antara manajer dengan para karyawan. Dengan tanggung jawab yang berat ini, maka pemilihan seseorang untuk dijadikan supervisor tentu tidak boleh sembarangan.

Seorang supervisor haruslah orang yang kooperatif sehingga bisa menjadi penengah antara atasan dan bawahan. Selain itu, supervisor juga harus teliti dan tentunya memiliki rasa tanggung jawab yang besar.

Tanggung jawab supervisor, secara garis besar adalah:

  • Planning, bisa merencanakan apa yang akan dikerjakan dirinya mau pun bawahannya
  • Organizing, bisa memastikan dan mengatur supaya apa yang sedang dikerjakan oleh karyawannya saat ini berjalan baik
  • Staffing, bisa memastikan bahwa masing-masing staf memang bekerja sesuai dengan job desk mereka
  • Directing, bisa mengarahkan supaya pekerjaan atau tugas yang sedang ditangani berjalan baik
  • Controlling , bisa mengontrol segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkup kerjanya sendiri

Tugas Seorang Supervisor
Dilihat dari tugasnya, maka inilah pekerjaan seorang supervisor:

1.Mengatur Staf Pelaksana
Dalam hal ini, seorang supervisor harus bisa mengatur bawahan atau staf pelaksananya. Bagaimana caranya supaya pekerjaan berjalan lancar, tertib, dan tidak kacau adalah fokus utamanya.

2.Menerangkan Job Description
Ini merupakan tantangan bagi supervisor, di mana dia harus bisa menerangkan kemauan manajer kepada seluruh staf supaya persepsi mereka sama. Kadang, perintah langsung dari manajer belum tentu bisa dicerna dengan baik oleh para staf. Di sinilah supervisor harus memberi penjelasan yang lebih detail agar pekerjaan tidak salah.

3.Briefing, Kontrol, Evaluasi dan Motivasi
Sebagai seorang supervisor, kemampuan untuk memimpin briefing harus dimiliki. Dalam pelaksanaannya, kemampuan untuk mengontrol semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan juga harus dimiliki.

Setelah pekerjaan selesai, maka tugasnya adalah memberi evaluasi dan penilaian. Kemudian, supervisor juga harus memberi motivasi supaya staf terus bersemangat.

Apa Kerjanya Marketing? Samakah dengan Sales?

Semoga penjelasan di atas sudah cukup mewakili pertanyaan tentang apa kerja supervisor sebenarnya. Bagaimana, masih tertarik untuk mengincar jabatan ini?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *