Apa Kerjanya Marketing? Samakah dengan Sales?

Apa Kerjanya Marketing dan Sales?

Ketika mendengar kata marketing pasti pikiran Anda akan langsung tertuju pada sales. Divisi marketing dan sales sering dianggap sama. Bukan hanya dari segi pencari kerja, namun perusahaan pun mencampurkan fungsi keduanya. Walaupun keduanya sama-sama menjadi bagian dari strategi perusahaan, namun keduanya berbeda. Lantas, apa kerjanya marketing? Perbedaan yang paling jelas adalah marketing melakukan implementasi strategi menggunakan sistem.

Berbagai Perbedaan Marketing dan Sales

Berikut berbagai macam perbedaan marketing dan sales, antara lain:

1.Proses kerja yang berbeda

Perbedaan yang pertama adalah proses kerja yang mereka miliki. Sales biasanya akan menghadapi konsumen secara langsung, selain itu sales juga akan langsung datang ke lokasi pembeli, bertemu di sebuah kegiatan atau menghubungi melalui sambungan telepon.

Bagaimana dengan tim marketing? Marketing harus membayangkan kembali produk yang sudah pernah dilempar ke pasaran sebelumnya selain itu cara promosi hingga kelebihan produk juga harus diteliti agar dapat merancang strategi yang akan digunakan untuk memasarkan produk.

2.Prioritas pekerjaan

Perbedaan berikutnya ada pada prioritas. Marketing memiliki prioritas untuk menjangkau calon pelanggan serta membangun relasi dengan pelanggan hingga bisa menjadikan mereka sebagai pelanggan setia. Anda dapat membayangkan, berapa besar keuntungan perusahaan jika selalu ada pelanggan loyal yang menggunakan produk mereka.

Sedangkan, sales bertugas mengakomodasi target pelanggan sembari memenuhi kebutuhan yang mereka dengan produk yang dimiliki perusahaan. Sebenarnya, perbedaan sales dan marketing ini malah membuat dua pekerjaan ini menjadi lebih bersinergi.

3.Aktivitas kerja

Aktivitas pekerjaan yang mereka lakukan sebenarnya memiliki perbedaan. Sales biasanya akan menghubungi secara langsung calon klien hingga produk atau jasa perusahaan terjual. Sedangkan marketing memastikan produk yang ditawarkan terjamin kualitasnya sehingga dapat ditawarkan oleh sales.

Dengan perbedaan kegiatan ini, tentu saja area pekerjaan yang mereka lakukan juga berbeda, marketing akan bekerja di belakang layar. Anda yang gemar bekerja di belakang layar, bisa memilih pekerjaan ini, sedangkan jika Anda lebih suka berurusan secara langsung dengan pelanggan, Anda dapat masuk ke tim sales.

Dengan perbedaan yang sudah diuraikan di atas, Anda pasti sudah memiliki gambaran perbedaan antara sales dan marketing. Sales akan berfokus pada strategi memperoleh pendapatan secara langsung serta memiliki orientasi pada keadaan saat ini. Sedangkan, marketing bertugas untuk membuat sebuah strategi sehingga branding dan informasi perusahaan akan sampai ke audiens secara tertarget, sehingga aktivitas marketing yang lain dapat bertahan lama.

Kiat-Kiat Membuat Lingkungan Kerja Nyaman untuk Tingkatkan Produktivitas

Apa kerjanya marketing bisa sekaligus dilakukan oleh sales? Menjadi marketer dan salesperson tentu akan memakan tenaga yang besar, karena Anda harus memikirkan konsep dan menjalankan konsep tersebut sendiri, sehingga, bila Anda ingin menjalankan dua bidang ini, Anda harus memiliki bekal dan pengalaman yang matang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *