Apa Kerja Telemarketing Sebenarnya?

Apa Kerja Telemarketing? Mudahkah Menjalankannya?

Ketika Anda membaca lowongan telemarketing, mungkin pertanyaan apa kerja telemarketing akan terngiang di benak Anda. Telemarketing merupakan aktivitas pekerjaan untuk memasarkan produk ke konsumen melalui sambungan telepon. Di zaman sekarang, marketing lebih banyak mengandalkan surat elektronik atau telepon untuk media pemasaran. Beda dengan zaman dulu yang diharuskan tatap muka untuk memasarkan produknya.

Mudah atau tidak menjalankan pekerjaan sebagai telemarketing tentu saja bergantung dari produk yang dipasarkan dan pendekatan untuk memasarkannya. Produk yang biasanya menjadi pasar telemarketing seperti penawaran kartu kredit, asuransi, asuransi perbankan, voucher wisata dan yang lainnya.

Tugas Telemarketing

Berikut beberapa tanggungjawab dan tugas dari telemarketing, antara lain:

  • Melakukan follow up konsumen

Selain berjualan, telemarketing juga memiliki tugas melakukan follow up pada konsumen yang pernah menggunakan jasa perusahaan atau pada calon konsumen. Tanyakan pada konsumen, apakah mereka ingin kembali membeli produk. Selain dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan konsumen, hal ini juga dilakukan untuk mencapai target sales.

  • Menerima order konsumen

Jika produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda merupakan produk yang banyak dicari, tak sedikit konsumen yang langsung melakukan order. Saat konsumen melakukan order, Anda juga bisa menawarkan produk lain sehingga target penjualan bisa bertambah menjadi semakin banyak.

  • Menjelaskan produk

Telemarketing juga memiliki tugas menjelaskan produk yang dijual. Penjelasan produk ini berguna untuk meyakinkan calon konsumen melakukan pembelian. Bila Anda bekerja di bidang properti, Anda bisa menjelaskan skema harga hingga keuntungan membeli properti tersebut.

  • Mengumpulkan informasi

Selain berjualan, telemarketing juga memiliki tugas penting lainnya yakni mengumpulkan informasi yang berasal dari konsumen. Seperti cerita dari konsumen menggunakan produk hingga informasi mengenai pesaing produk perusahaan

  • Menerima komplain

Ketika konsumen merasa tidak puas dengan produk yang mereka beli, orang pertama yang harus menghadapi bentuk komplain tersebut ialah telemarketing. Telemarketing harus dapat menuntaskan seluruh masalah tersebut dan memilih kompensasi yang tepat agar konsumen tetap puas. Jangan sampai, masalah yang dihadapi oleh konsumen menjadi berlarut-larut dan tidak terselesaikan dengan baik.

  • Memberi saran

Kadang, konsumen ada yang memberi saran membangun seperti apa seharusnya pelayanan yang diberi hingga masukan mengenai produk. Telemarketing harus mencatat seluruh usulan dengan baik agar bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat akan meluncurkan produk lain.

Banyak Diincar, Apa Kerja Supervisor?

Sebagai seorang telemarketing, memiliki sikap yang sabar dan menjadi pendengar yang baik menjadi sebuah keharusan. Bahkan, ketika sedang memiliki masalah pribadi, pelayanan ke konsumen tidak boleh menurun. Jadi, sudah jelas bukan apa kerja telemarketing? Bagi Anda yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, telemarketing dapat dijadikan sebagai alternatif ketika memilih lowongan kerja. Lebih-lebih di zaman sekarang, kebutuhan telemarketing semakin lama semakin meningkat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *