Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Apa itu Investasi Obligasi? Berikut Penjelasannya Secara Lengkap

Mencoba Investasi Dari Sekarang

Apakah Anda sudah memiliki penghasilan tetap? Saat sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan, ini waktunya untuk menentukan masa depan. Rencana membeli kendaraan, pernikahan hingga membeli rumah biasanya adalah hal yang dipikirkan rata-rata orang sebagai tujuan keuangan. Namun, hal yang tak boleh luput dari perhatian adalah mapan secara finansial. Jika ingin mapan secara finansial, apa saja investasi atau investment yang dapat dijadikan sebagai pilihan?

Dari begitu banyaknya produk, semuanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh sebab itu sebelum menentukan apa produk yang tepat, lebih baik cari tahu dengan lengkap dan cermat. Salah satu produk yang menguntungkan adalah Obligasi Negara Ritel atau Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

Pengertian Obligasi

Obligasi sebenarnya merupakan surat pernyataan utang yang dimiliki oleh penerbit pada pemegang. Sehingga, penerbit adalah mereka yang berhutang dan pemegang adalah mereka yang berpiutang. Dalam surat tersebut, akan ditulis jatuh tempo pembayaran dan bunga yang menjadi kewajiban penerbit pada pemegang. Jangka waktu ORI di Indonesia biasanya 1 hingga 10 tahun. Obligasi diterbitkan untuk menghimpun dana masyarakat yang akan digunakan sebagai sumber pendanaan. Jika dilihat dari bisnis, obligasi dapat digunakan sebagai suntikan dana agar usaha tetap berjalan.

Sedangkan, negara memandang produk ini sebagai pendanaan untuk menutup biaya defisit APBN. Tidak berbeda jauh dengan saham, produk ini juga diperjualbelikan. Jika Anda ingin membeli saham, Anda tinggal mencari di BEI atau Bursa Efek Indonesia, sedangkan untuk obligasi, akan diterbitkan dari pihak penerbit yang sudah sepakat untuk melakukan kegiatan jual beli. Biasanya, pemerintah akan menunjuk lembaga sekuritas dan bank sebagai agen penjual.

Kelebihan Menggunakan Obligasi sebagai Pilihan

Baca Juga :  Tertarik Mencoba Investasi? Ini Dia Tips Bagi Investor Pemula Sesuai Usia

Sebagai sebuah instrument pengaman keuangan jangka panjang, obligasi memiliki berbagai keuntungan bagi pemegangnya, seperti:

  1. Laba yang didapatkan dari kupon atau bunga dibagi menjadi tiga jenis yakni fixed coupon, floating coupon, dan zero coupon bond. Besar atau kecilnya keuntungan yang akan Anda dapatkan bergantung dari jangka waktu obligasi, jika semakin lama tentu saja semakin besar pula keuntungannya.
  2. Keuntungan yang didapatkan dari selisih harga sesudah diperdagangkan. Contohnya, harga awal dari ORI 100%, saat akan dijual, harganya malah naik 115%, sehingga jika Anda melakukan penjualan, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 15%,
  3. Aman. Investment ini sangat aman karena pembayaran sudah dijamin oleh undang-undang.
  4. Bisa dijadikan sebagai agunan.
  5. Bunga lebih besar dibandingkan dengan tabungan deposito. Anda bisa membandingkan besaran bunga deposito dengan obligasi ini.

Jenis Obligasi

Instrument ini mempunyai banyak jenis serta dibagi berdasarkan pada tolok ukur yang dipergunakan. Terdapat beberapa tolok ukur dari jenis-jenis yang beredar seperti sistem pembayaran, penerbit, jaminan, perhitungan imbal hasil, bentuk, sifat dan masih banyak lagi. Bila Anda ingin melihat berdasarkan dari penerbit, jenisnya terbagi menjadi municipal bonds, jenis ini diterbitkan pemerintah daerah dan bertujuan sebagai pembiayaan pembangunan yang berkaitan dengan kepentingan publik. Ada pula government bonds, jenis ini pertama kali diterbitkan tahun 2006. Ada juga corporate bonds, jenis ini diterbitkan oleh perusahaan entah BUMN atau pun swasta.

Hal-hal yang harus diketahui tentang obligasi bukan hanya item di atas, ada berbagai macam hal yang harus dipelajari dari obligasi. Setelah Anda mengenal dengan baik seluruh keuntungan dan mungkin kekurangannya, Anda bisa memulai investasi dengan tenang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *