5 Sistem Kerjasama Usaha Terbaik yang Wajib Diketahui Pengusaha Pemula

Sistem Kerjasama Usaha Ini Paling Baik untuk Mengembangkan Usaha

Bagi pelaku usaha pemula yang memiliki keterbatasan modal, membangun kerjasama usaha dengan pihak lain adalah solusi terbaik untuk mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Anda ingin tahu sistem usaha apa yang terbaik dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak? Ada baiknya terlebih dahulu mengenali sistem usaha bisnis bersama di bawah ini:

Sumber Gambar Ilustrasi Pixabay

1.Franchise (Waralaba)
Dewasa ini lebih banyak banyak disaksikan para pelaku usaha menggunakan sistem ini untuk mengembangkan usahanya. Sistem ini dianggap lebih mudah karena pelaku usaha hanya membutuhkan modal, keyakinan dan strategi. Sedangkan peralatan, materi promosi dan sebagainya, pihak penyelenggara waralaba yang akan menyediakannya. Jenis waralaba banyak sekali, tapi yang paling banyak adalah makanan dan minuman.

2.Bagi Hasil
Salah satu sistem usaha bersama yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis adalah sistem bagi hasil. Sistem ini sekaligus menjadi sistem terbaik bagi Anda yang masih pemula. Sistem ini bisa dilakukan dengan keluarga, teman atau rekan bisnis Anda. Proses sistem ini adalah di mana teman atau rekan menanamkan modal pada usaha Anda. Selanjutnya bisa dibuat perjanjian tentang pembagian keuntungan berapa persen tiap pihak.

3.Joint Venture
Sistem usaha lain yang bisa dicoba adalah joint venture. Di mana usaha ini diselenggarakan dalam jangka waktu tertentu. Sekilas usaha ini mirip dengan sistem bagi hasil. Bedanya, jika bagi hasil membagi keuntungan yang didapat, sistem ini tidak hanya membagi keuntungan semata. Namun, kerugian juga ditanggung bersama. Bagi pelaku usaha pemula, bisa mencoba usaha ini sebagai awal mengembangkan usaha.

4.Sistem Konsinyasi
Apabila Anda mempunyai toko dan ingin usaha tersebut berkembang lebih besar, tak ada salahnya jika mencoba menggunakan sistem yang satu ini. sistem ini berupa ikatan usaha dengan pemilik produk. Pemilik akan menitipkan barangnya di toko yang Anda miliki. Kemudian membuat perjanjian dengan sistem bagi hasil.

5.Sistem Peluang Usaha
Sistem ini hampir sama dengan sistem waralaba. Hanya saja persyaratannya lebih fleksibel dan longgar untuk pelaku usaha pemula. Anda hanya tinggal menjalankan usaha yang telah mempunyai merek dan segala perangkatnya. Kemudian keuntungan akan dibagi bersama dengan pemegang merek. Berbeda dengan sistem waralaba yang keuntungannya murni milik pelaku usaha yang menjalankan.

Asik Berternak Bebek Penghasilan Jutaan

Apapun jenis kerjasama yang dilakukan, terdapat hal yang harus diperhatikan yakni kepercayaan dan mindset. Dalam sebuah bisnis, seringkali modal dijadikan prioritas terbaik. akan tetapi jika tidak punya mindset untuk berhasil serta tidak adanya kepercayaan antar pelaku dan pihak yang diajak usaha bersama, tentu usaha tidak akan berjalan dengan lancar dan tidak bisa bertahan lama. Demikian beberapa usaha bersama yang bisa dicoba, semoga bermanfaat untuk Anda yang baru akan memulai usaha.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *